MUSICALLY

Snoop Dogg, Rapper Terkenal Asal Amerika Serikat

Snoop Dogg merupakan seorang rapper, penulis lagu, penyanyi, produser, tokoh media, pengusaha, dan aktor asal Amerika Serikat. Hingga saat ini, Snoop Dogg sudah menjual 23 juta album di Amerika Serikat dan 35 juta album di seluruh dunia.

Biodata Snoop Dogg

Pria dengan nama asli Calvin Cordozar Broadus Jr, ini lahir di Long Beach, California, anak ke-2 dari 3 bersaudara. Ia merupakan anak padangan Beverly Broadus dan Vernell Varnado. Ayahnya merupakan seorang veteran Vietnam, Pembawa surat dan penyanyi.

Ayahnya meninggalkan keluarga ketika ia masih berusia 3 bulan. Dia kemudian mempunyai seorang ayah tiri bernama Calvin Cordozar Broadus Sr. Namanya pun di ganti menjadi nama ayah tirinya. Akan tetapi, ibu dan ayah tirinya bercerai pada tahun 1975.

Sebagai seorang laki-laki, orang tuanya memberikannya nama julukan “Snoppy” karena penampilan dan kesukaanya pada karakter kartun dari kacang tanah. Panggilan itu kemudian di pakai snopp sebagai nama punggung.

Ketika masih sangat muda, Snoop mulai bernanyi dan memainkan piano di Gereja Baptis Golgotha ​​Trinty. Di Kelas 6, dia mulai nge-rap.

Awal Mulai Karir Dari Snoop

Karier Musiknya di mulai pada tahun 1992 ketika ia ditemukan oleh Dr. Dre pada saat tampil di debut solo Dre, “Deep Cover”, dan kemudian di album solo Dre, The Chronic, Album debut Snoop, Doggystyle, di ciptakan oleh Dr.Dre , di rilis pada tahun 1993 oleh Death Row Records.

Album dari debut “The Chronic” membawa nama Snoop Dogg meraih kesuksesan yang besar di telinga dengan lagu Doggystyle, yang debut di no satu pada Billbiard 200 dan Billboard Top R&B / Hip-Hop Albums. Dengan jumlah penjualan 1 juta kopi pada minggu pertama, Doggystyle meraih 4 kali lipat platinum pada tahun 1994, memperoleh hits seperti “What’s My Name?” dan “Gin & Jus”.

Snoop Juga mengeluarkan soundtrack untuk film pendek “Murder Was The Case” Pada tahun 1994. Album ke-2′ “Tha Doggtafher” pada tahun 1996, juga Debut no satunya, dengan single utama, “Snoop’s Upside Ya Head” dan mendapatkan double platinum pada tahun 1997.

Setalah meninggalkan Death Row Records, Snoop mengeluarkan 3 album dengan No Limit Records sebelum akhirnya berpindah ke Priority / Captiol / EMI Records pada tahun 2002. Bergabung dengan Geffen Records pada tahun 2004, ia mengeluarkan 3 album berikutnya. “R&B : Perawatan Karapet Biru Tha”, “The Masterpiece, dan” Ego Trippin “.

Snoop Dogg sudah membintangi film dan membawakan beberapa acara televisi. Ia juga bahkan melatih liga sepak bola pemuda dan tim sepak bola sekolah menengah.

Pada maret 2016, malam sebelum Wrestlemania 32 di Arlington, Texas, Snoop di lantik menjadi sayap kiri selebriti WWE Hal of Fame. Pada 19 November 2018, Snoop Dogg kemudian diberikan bintang di Hollywood Walk of Frame. Sesudah itu, ia mengeluarkan album solo ke-17nya. Aku Ingin Berterima Kasih Padaku pada tahun 2019.

Baca Juga : Gempa Bumi Yogyakarta 27 Mei 2006 Yang Menewaskan Banyak Orang
Exit mobile version